6. Pemenuhan deadline

Jika Anda membutuhkan penulis yang available setiap saat, termasuk saat weekend, atau malah Anda ingin applicants yang bisa menulis dalam kurun waktu 24 jam, maka sebutkan hal ini dalam job description Anda.

Memberitahu mereka detil pekerjaan yang Anda inginkan, akan memudahkan Anda menyortir aplikasi yang masuk.

7. Kebijakan revisi

Beberapa penulis artikel freelance memiliki kebijakan revisi dalam batas waktu dan jumlah revisi. Misalkan revisi hanya akan dilakukan dalam batas waktu 3 hari, atau hanya melakukan revisi sebanyak 2 kali.

Mereka umumnya juga akan memberikan tambahan biaya untuk revisi, kecuali jika memang kesalahan penulisan ada pada mereka. Karena itu pastikan Anda tahu apa kebijakan revisi dari applicant Anda.

8. Portofolio

Pastikan Anda tahu apa jenis tulisan yang pernah applicant Anda tulis (content marketing B2B atau B2C, copywriting, iklan dan seterusnya).

Pastikan Anda cocok dengan gaya kepenulisan mereka, dan apakah mereka bisa mengubah gaya kepenulisannya, jika tiba-tiba Anda mengubah tujuan pemasaran digital Anda.

Tidak kalah penting adalah kemampuan mereka melakukan riset untuk tulisan yang hendak mereka tulis.

Anda dapat melihat kemampuan ini pada portofolio mereka. Atau bandingkan hasil tulisan yang applicant Anda buat dengan beberapa tulisan yang telah ada pada situs Anda.

(Visited 71 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *