5 Alasan Mengapa Blog Gratisan Tidak Tepat untuk Blog Bisnis

5 Alasan Mengapa Blog Gratisan Tidak Tepat untuk Blog Bisnis

Kalau bikin blog buat jualan, tu bisa nggak si pakai yang gratisan aja. Kan baru nyoba

Beberapa hari yang lalu, seorang kawan lama bertanya seperti itu kepada saya. Jika saya mendengar pertanyaan itu saat mulai nge-blog dulu, mungkin saya akan menjawab, “it’s okay”. Tapi sejak belajar digital marketing, saya akan menjawab, “Absolutely no”.

Yap, jika Anda ingin menggunakan blog sebagai sarana marketing, sungguh bukan ide yang bagus jika Anda memilih menggunakan platform blog gratisan. Mengapa? Berikut beberapa alasannya.

Alasan mengapa blog bisnis sebaiknya tidak dalam platform blog gratisan

Alasan #1. Karena Anda tidak memiliki otoritas apapun atas blog bisnis Anda 

Jangankan alamat blog berembel-embel wordpress.com atau blogspot.com, Anda hanya memiliki nama domain pun, sama saja Anda belum memiliki otoritas penuh atas blog bisnis Anda.

Hanya memiliki nama domain, berarti Anda hanya “mengontrak sebuah rumah” dalam sebuah platform blog.

Dan seperti mengontrak sebuah rumah, apabila sang pemilik rumah menginginkan “lahannya dikembalikan” maka Anda tidak akan bisa berbuat apa pun.

Itu artinya, kerja keras Anda membangun blog bisnis selama ini akan sia-sia.

Keleluasan Anda membangun blog, akan terbatas pada syarat dan kebijakan platform blog gratisan Anda

Syarat dan kebijakan platform blog sering sekali berubah. Dan bila tanpa sengaja blog Anda melanggar peraturan mereka, maka blog bisnis Anda akan terkena suspend begitu saja.

Alasan #2. Kerja keras membangun blog bertahun-tahun pun bisa hilang begitu saja

Saat Anda membuat sebuah post dan membagikannya ke media sosial, atau mendaftarkannya pada webmaster, maka post tersebut akan terhubung dengan post-post yang lain.

Tapi bila Anda tidak menggunakan nama domain Anda sendiri, semua usaha optimasi blog Anda akan sia-sia.

Alasan #3. Fungsi dan desainnya terbatas

Jenis platform blog yang paling disarankan untuk blog bisnis adalah WordPress, Blogger (dulu Blogspot), dan Tumblr. Dan bila Anda pernah mencoba ketiganya, Anda akan tahu bila platform gratisan tersebut sangat terbatas .

Anda tidak akan bisa mendesain blog bisnis Anda ataupun menambahkan aneka plugin (widget) yang mungkin menguntungkan bisnis Anda.

Alasan #4. Blog bisnis Anda akan terlihat murahan

Tidak hanya masalah kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda, menggunakan blog gratisan juga akan “menyakiti” brand Anda.

Menggunakan blog gratisan akan membuat bisnis Anda terkesan murahan, dan Anda terkesan hanya bermain-main dengan bisnis Anda.

Alasan #5. Iklan pop ads yang mungkin bertentangan dengan brand Anda

Seperti saya katakan diatas, menggunakan blog gratisan artinya Anda tunduk pada syarat dan kebijakan platform blog. Anda tidak akan bisa mencegah bila platform tersebut memunculkan iklan pada post Anda.

Tidak masalah bila iklan tersebut tidak bertentangan dengan brand Anda; tapi bagaimana bila iklan yang muncul adalah kompetitor Anda? Silahkan Anda perkirakan apa tanggapan pelanggan Anda.

Itulah 5 alasan mengapa blog bisnis sebaiknya tidak menggunakan platform blog gratisan. Karena itu akan lebih baik bila Anda mulai memilih hosting dan domain pribadi Anda.

 

Selamat berlibur, sampai jumpa di artikel pekan depan

 

(Visited 20 times, 1 visits today)
26 Comments
    1. Biar Ga capek Mas, mending langsung ganti ke hosting dan domain langsung. Investasi juga kan?

  1. hik..hik… saya masih pakai yang gratisan nih, siap-siap ganti deh deh.
    terima kasih artikelnya yang bermanfaat Mbak

    1. So hayuk pindahan…mumpung ada yang murah he he he

    1. ha ha ha nggak ada maksud nyindir, simply suggesting the right step to start.

  2. Jadi harus yang berbayar gitu ? Lalu caranya aku blm bisa gimana dwonk….?hehe

    1. Santai Pak, kalo wp-instalment kan sudah siap diisi. Bapak tinggal nulis aja? Insya Allah nanti saya buat step by step memulai blog dengan wordpress ya pak

  3. Weh, harus udah menabung untuk investasi web. Demi masa depan ya

    1. Begitulah mbak. Bagi blogger atau pebisnis, blog itu memang investasi kan?

    1. Tergantung penyedianya mbak. Punya saya ini Rp150rb. Untuk start-up atau e-commerce sekitar Rp200rb

  4. Akuu lg berburu dan nabung buat bikin domain lagi. Wkwkw. Kayaknya nge save uang beli gamis, biar bisa beli domain sendiri.. Tfs mb rahayu. Infonya. Udah baca bbrp artikel yg disini jg. Sukaa??

    1. Alhamdulillah…hanya sekedar berbagi mbak, kita maju bareng ya…

  5. mba ayu, artikelnya saya suka semua, mudah difahami dan informatif, bisa info ga kumpulan info blog mba ini dimana aja? kyk mba isah kan di isahkambali.com trus ibudigital.com dll…….klu mba rahayu dmn aja mba, ada 2 temen dan anak sy jg perlu info info spt yg mba sering tulis dan upload di setoran, sy ga nyimpen, tp sy mau baca lgi lupa nama blognya, please info mb, saya mau baca2 lgi, dan mau share ke temen2 yg ingin melek dri gaptek, suwun

    1. Baik, nanti saya share di blog personal saja ya, mbak.

  6. blog yang berbayar jelas naikin gengsi yah… Dan itu namanya siap keluar modal utk dpt hasil 🙂 kl dipikir2, satu setengah tahun ini saya udah lebih dari balik modal kok… ^_^

  7. Memakai domain TLD sedari awal merupakan investasi jangka panjang saya sendiri mulai menabung domain meski baru beberapa biji dan yang terbaru saya mencoba memakai domain indonesia WEB ID

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *