Selama tiga minggu kemarin saya repot mencari desain blog yang tepat untuk tiga blog personal saya. Sebagai Blogger, saya juga perlu memperhatikan tampilan yang layak (aka. nyaman) untuk pembaca atau calon pemilik iklan.

Begitulah, apa pun jenis usaha yang sedang Anda jalankan, ketika Anda sudah masuk dalam lingkup pemasaran online, maka situs atau blog bisnis adalah ujung tombak pemasaran Anda.

Coba Anda bayangkan ketika mendarat pada sebuah situs dengan latar belakang foto dan tulisan berskala besar atau rentetan gambar-gambar melayang, berupa link dan iklan. Saya yakin tanpa menunggu full loading pun Anda sudah akan meninggalkan situs tersebut.

Pengunjung yang mendatangi situs atau blog bisnis tentu datang karena beberapa alasan. Dan tugas Anda untuk memastikan pengunjung Anda mendapatkan jawaban atau terpenuhi kebutuhannya.

Itu artinya Anda harus membuat situs atau blog bisnis Anda nyaman serta memiliki navigasi yang mudah dan jelas.

7 kesalahan desain situs atau blog bisnis yang umum terjadi

Istilah blog yang terkesan individual, sepertinya masih sering membuat rancu bagi para pelaku bisnis online pemula. Sehingga desain blog bisnis yang dipilih pun masih sesuai dengan selera pribadi, alih-alih mewakili brand yang ingin dijual.

Jika bukan desain yang terlalu personal. maka pemilik blog kadang terlalu bersemangat untuk mempromosikan produknya melalui iklan pop up, flash, atau gambar melayang.

Apakah salah berpromosi di situs atau blog milik sendiri? Tentu tidak, tapi sekali lagi bisnis online adalah tentang selera pasar. Jadi, yang menjadi perhatian utama Anda seharusnyalah target pasar atau pembaca situs Anda.

Nah, berikut adalah beberapa kesalahan desain situs atau blog bisnis yang umum dilakukan oleh para pelaku bisnis online pemula.

Kesalahan desain blog #1. Anda tidak memahami target pasar

Biasanya, ketika mulai membuat blog, kita sangat bersemangat ingin segera memulai mengisi blog dan melakukan langkah pertama marketing online  bisnis kita. Akibatnya desain blog seringkali dipikir “ya, udah sambil jalan saja“, atau “gimana nanti ajalah“.

Tahukah Anda, template atau desain blog yang Anda gunakan bisa mempengaruhi statistik situs atau blog bisnis Anda? Karena itu penting sekali untuk menentukan desain yang memang mewakili bisnis atau brand Anda.

Bagaimana menentukannya? Anda cukup gunakan analisa user yang Anda buat saat hendak pertama kali membuat blog. Contoh mudahnya, jika user positif Anda adalah seorang yang savy, mungkin tidak masalah jika Anda membuat menu yang hanya beruka icon pada situs Anda. Karena bagi mereka, umumnya, konten adalah hal yang utama.

Beda halnya jika user Anda berada adalah pemula, atau mereka yang berusia lanjut; maka Anda perlu mempertimbangkan navigasi yang mudah, kategori yang mendetil, hingga jenis huruf yang mudah dibaca.

Kesalahan selanjutnya ada dihalaman kedua

(Visited 39 times, 1 visits today)

3 thoughts on “7 Kesalahan Desain Blog Bisnis Ini, Seringkali Dilakukan Pelaku Bisnis Pemula”

  1. bener, aku paling sebel kl BW ke blog tapi isinya iklaaaan melulu… mengganggu pemandangan dan akhirnya jadi males ke sana lagi…

Comments are closed.