Prediksi Trend Content Marketing di 2017

Prediksi Trend Content Marketing di 2017

Halo selamat sore, dan Selamat Tahun Baru 2017!

Di tahun baru ini, apakah Anda sudah membuat perencanaan konsep content marketing setahun ke depan? Jika belum, atau Anda masih belum yakin, bagaimana jika kita simak terlebih dahulu prediksi trend content marketing 2017 dari para praktisi ahli.

Prediksi Content Marketing di 2017

Sebagai content marketer (juga Blogger) jelas saya penasaran kira-kira sejauh mana si peran konten dalam pemasaran digital.

Saya menyimak 5 pendapat ahli dalam digital marketing seperti Rand Fishkin dari MOZ, Larry Kim dari wordstream, Benji Hyam dari Grow and Convert, Sam Mallikarjunan, dan Sujan Patel.

Dan berikut ini prediksi dari kelima ahli tentang content marketing di tahun 2017.

Rand Fishkinpendiri Moz ini, di tahun mendatang persaingan content marketing akan semakin ketat. Jadi, tantangannya pun akan semakin besar.

Tak bisa dipungkiri, ketika semakin banyak pelaku bisnis menyadari peran pemasaran digital untuk bisnis mereka, maka kompetitor yang akan Anda hadapi pun semakin banyak.

“Siapapun yang akan keluar sebagai pemenang akan mendapatkan perolehan yang besar. Sayangnya, dengan ketatnya persaingan, akan semakin sedikit pula jumlah pemenangnya. – Larry Kim”

Seiring dengan semakin savy-nya pengguna internet, di tahun 2017, konsep content marketing akan berubah. Seperti apa perubahannya? Berikut prediksi trends-nya.

Format konten semakin kreatif

Konten marketing pada dasarnya hanya seputar nge-blog, ebooks, dan aneka ragam konten tertulis lainnya yang mungkin bisa menarik para subscriber.

Strategi ini akan tetap berlaku, hanya saja Anda perlu lebih kreatif untuk memilih format konten yang tepat.

Konten visual akan semakin memiliki peran penting, seiring mesin pencari pun kini semakin pintar untuk menganalisa gambar dan menggunakannya untuk memutuskan apa isi dari sebuah situs.

Anda suka dengan konten gifs? Maka berkreasilah! Karena konten semacam ini akan semakin banyak disuka di tahun mendatang.

“Di tahun 2017, konten akan semakin pendek, menarik, tapi unik

@SujanPatel

Konten ber-niche akan lebih disukai

Dengan semakin banyaknya pemain yang menggunakan content marketing sebagai sarana promosinya, kini saatnya Anda beranjak dari konten yang menyasar audience luas. Kini waktunya untuk membuat konten yang menyasar audience  lebih sempit.

Dibanding menulis “Trend Fashion Tahun 2017”, lebih baik mengulas “Trend Harajuku di Tahun 2017”.

Mengulas topik hanya dipermukaan hanya akan menyajarkan Anda dengan situs-situs kompetitor. Anda perlu memberi alasan yang tepat mengapa konten Anda berbeda dan lebih tepat menjadi landing sites dibanding yang lainnya.

Pilihlah audience niche Anda, dan menulislah seperti apa yang mereka butuhkan.

“Fokuslah pada konten ber-niche, sajikan untuk kelompok tertentu, dengan ketertarikan tertentu.” – @Randfish

Tahunnya untuk konten video

Kita semua menyukai video. Dan para ahli setuju, video akan mendatangkan ROI tertinggi. Bahkan Syndacast (perusahaan digital marketing asal Thailand) menyatakan jika video akan mendatangkan trafik tertinggi di 2017.

Platform video media sosial seperti Facebook akan semakin menjadi trend dan sekaligus merupakan alat optimasi untuk meningkatkan user experience.

Memiliki lebih banyak konten video juga akan membantu Anda meningkatkan SEO. Karena Google – yang kebetulan juga pemilik You Tube –  menyukai dan menampilkan konten video sebagai salah satu hasil pencarian. Jadi, segera ambil kamera Anda, dan mulailah membuat video. 🙂

Content Marketing akan lebih disukai dibanding iklan konvensional

Kita semua tahu, saat ini sebagian besar brands mengalokasikan dana lebih banyak untuk content marketing dibandingkan iklan. Dan trend ini akan terus berlangsung di tahun 2017.

Sam dari Hubspot malah memprediksi trend yang akan membuat publikasi Anda efektif adalah content marketing.

Hmm … sepertinya saya bisa berlega hati ni, karena masih banyak peluang untuk pekerjaan saya. 🙂

Penting untuk fokus pada konsistensi keterlibatan

Selama ini, kebanyakan content marketer hanya berfokus pada akuisis, tapi kurang fokus pada retensi.

Di tahun 2017, fokus content marketing haruslah dirubah, yaitu mempertahankan dan meningkatkan keterlibatan pelanggan pada situs. Misalkan dengan mengukur pengguna aktif harian atau mingguan guna memastikan keterlibatan yang konsisten hingga menjadi konversi.

Sederhananya, konten yang saya buat harus mampu membawa Anda kembali ke situs ini, mengoptimalkan situs, sehingga Anda dengan suka rela terlibat, berlangganan, bahkan terus-menerus kembali ke situs Smart Content ini.

“Di tahu 2017, content marketer akan bekerja seperti seorang product manager – @mallikarjunan

Ya, seperti itulah prediksi content marketing di tahun 2017. Kesempatan akan terus ada, bahkan akan menjadi trends dalam dunia bisnis. Tapi bersiaplah untuk menghadapi kompetisi yang akan semakin ketat, lebih berani menjawab tantangan, bekerja lebih keras ; dan tentu saja, lebih Smart. 🙂

Salam

(Visited 17 times, 1 visits today)
3 Comments
Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *