Bulan maret lalu ada beberapa kelas online kepenulisan dan digital marketing yang saya ikuti. Salah satunya adalah kelas WordPress Ganteng yang dimentori oleh Isah Kambali. Ini adalah kali kedua saya mengikuti kelas online Beliau.

Kelas WordPress Ganteng merupakan kelas dasar membangun Web/ situs. Kelas online WordPress Ganteng berlangsung selama 14 hari dengan 9 materi yang dipelajari yaitu

  1. Mengenal WordPress
  2. Setting WordPress
  3. Membuat menu
  4. Memasang plugin
  5. Menulis post
  6. Memilih template yang SEO friendly
  7. Setting SEO
  8. Mengenal Alexa Rank
  9. Sharing di sosial media

Review Kelas WordPress Ganteng

Jika bicara tentang WordPress, jujur, saya sudah cukup menguasai. Alhamdulillah sejak awal menulis profesional, saya memang sudah terbiasa menggunakan WordPress dan otak-atik SEO. Terlebih saat menulis untuk Asian Parent Indonesia, karena job desc saya termasuk analisa user hingga research keyword, ilmu SEO saya semakin banyak. Jadi, sedikit banyak, sebetulnya saya sudah menguasai materi yang rencananya mbak Isah berikan.

Alasan saya mengikuti kelas ini, karena mbak Isah selalu punya sesuatu yang baru yang tidak saya ketahui sebelumnya.

Sebelum menulis untuk Asian Parent Indonesia, saya lebih banyak paham data dan analisa user-user selain Indonesia. Dan ketika kemudian menulis dengan target masyarakat Indonesia, terus terang saya sedikit kesulitan.

User Indonesia itu unik. Apa yang menjadi teori digital marketer di luar negeri kadang malah berlawanan dengan yang terjadi di Indonesia.

Karena itu, bagi saya belajar dari mbak Isah, yang notebene lebih paham dan berpengalaman, benar-benar merupakan tambahan ilmu untuk saya.

Peserta dari kelas WordPress ini sangat beragam. Mulai dari dosen berpengalaman hingga mereka yang benar-benar awam dengan web/ situs. Karena itu kecepatan proses belajar dan mengajar pun, akhirnya mengikuti pemahaman peserta yang masih baru.

Bagi saya pribadi, kelas mulai terasa menarik ketika masuk pada otak-atik menu, dan menentuka theme situs yang SEO friendly.

Selama ini, meski familiar dengan Google Analitik, Web Master Tools, Alexa Rank hingga plugin Yoast SEO, tapi saya tidak pernah mengerjakan pernak-pernik situs sendiri. Selama ini terima jadi dari admin pemilik situs. Namun, dengan mengikuti kelas ini, akhirnya saya tahu bagaimana seharusnya mengatur menu, dan memilih template yang tepat untuk situs saya.

Pendapat saya tentang kelas WordPress Ganteng

I want more materials! 😀 😀

Dalam bayangan saya, ketika bicara desain, maka tidak akan bisa lepas dari CSS atau HTML. Karena itu sebetulnya seusai mengikuti kelas ini, saya berharap bisa melakukan kustomisasi pada situs Smart Content ini.

Tapi saya lupa, jika ini adalah kelas basic, kelas dasar. Tidak mungkin saya mengharapkan materi coding pada pelajaran ini. Kecewa? Tidak sih. I just want some more materials. 🙂

Ke depan bila mbak Isah membuka kelas online lagi, saya berharap Beliau bersedia memberikan preview kelas dengan lebih jelas. agar peserta puas dengan kelas online yang diikutinya. Selain itu, bila mungkin, sebaiknya kelas diberi tanda, apakah kelas tersebut untuk beginner, intermediate, atau malah expert.

Apakah akan ikut kelas dari mbak Isah lagi? 

Ya, jika materi sesuai dengan yang saya butuhkan.

Demikian review kelas online WordPress Ganteng bersama Isah Kambali, founder Melek Internet dan ibudigital.com

(Visited 25 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *